Siloam Hospitals Lippo Cikarang Perkenalkan Metode Operasi Pergantian Lutut

Metro Bekasi Kabupaten, CIKARANG-TKR (Total Knee Replacement) adalah penggantian sendi lutut (arthroplasty) dengan bahan logam dan plastik (polyethylene). Permukaan tulang bawah di ganti dengan logam yang datar dan di alasi pula dengan plastik (polyethylene) yang berperan sebagai tulang rawan. Bagian bawah tempurung latut juga bisa di ganti dengan plastik (polyethyeln).
Dalam keterangannya, dr. Hendra Andry wijaya,SpOT memaparkan pergantian tulang lutut osteoarthritis.
“Osteoarthritis (OA) adalah suatu proses degeneratif / peneuaan/ aus. OA adalah proses kronik yang di tandai dengan keusakan rawan sendi, seperti di ketahui rawan sendi adalah bagian dari bantalan/shock absorber (selain menuscis dan cairan sinovial) yang berfungsi menyera benturan dan memudahkan pergerkan sebuah sendi” Jelasnya.
TOTAL Knee replacement di berikan untuk kondisin rawan osteoarthritis stadium lanjut atau grade, IV, biayanya di sertai dengan perubahan bentuk fisik dari kaki menyerupai huruf ‘’O’’ atau ‘’X”. Meski lutut aritifisial tidak sempurna seperti sebelumnya, tapip operasi itu akan memperbaiki kualitas hidup penderita dengan hilangnya rasa nyeri, kekakuan sendi, dan bentuk sendi luttuut yang bengkok.
Yang membutuhkan tindakan TKR di antaranya:
• Osteoarthritis tingkat lanjut – penyakit sendi ini di sebabkan oleh kerusakan pada tulangrawan yang berada pada sendi dan tulang sendi utama pasien, termasuk lutut, menjadi kaku dan terasa nyeri.
• Rheumatoid arthritis progresif – bedah penggantian lutut total sangat sangat di rekomendasikan bagi pasien yanng mengalami gejala yang mendadak dan kronis, terdiagnosis penyakit di usia muda, dengan peradangan yang aktif yang aktif saat tes darah dan cairan sendi, menderita kerusakan sendi ekstensi yang terdeteksi oleh tes sinar-X, dan tingkat faktor rheumatoid atau antibody sitruliln yang tinggi.
• Kelainan bentuk valus dan valgus – pasien dengan kondisi angulasi ke dalam atau ke luar pada segmen distal sendi lutut dapat menjalani bedah penggantian lutut total untuk memperbaiki kelainan tersebut.
• Trauma sendi atau tulang – bedah penggantian lutut dapat direkomendasi pada pasien, khusunya pasien berusia muda, yang menderita trauma berat pada sendi atau tulang lutut.
Dalam keterangan, dr. Poetranto Hari, SpOT memaparkan mengenai teknik/produser tindakan pergantian tulang lutut.
“TKR di lakukan apabila pengobatan secara medis (terapi obat, fisioterapi, maupun terapi lainnya) tidak dapat lagi mengurangi nyeri atau ke cacatan yang terjadi karena suatu kerusakan, yang biasanya di sebabkan arthritis (radang sendi) baik di karenakan proses penuaan ataupun cedera yang pernah di dapat sebelumnya, penyakit autoium seperti rematik, atau pada pasien yang mengkonsumsi obat – obatan streroid dalam jangka panjang. Dokter akan menilai kerusakan sendi” Jelasnya.
Proses tindakan operasi tulang lutut ini antara lain :
• Proses di lakukan 7-8 incisi di atas lutut
• Pasien beristirahat di rumah selama 3-5 hari
• Fase recovery berlangsung dari 1-3 bulan
• Setelah dilakukan operasi, biasanya pasien akan dapat berjalan kembali dan nyeri sendi berkurang secara nyata
• Waktu operasi + 2 S/D 3 jam
Setelah dilakukan produser total kee replacement, pasien dianjurkan untuk untuk mengndari kegiatan sebagai berikut.
 Lari atau joging
 Latihan yang terlalu padat
 Olah raga dengan perputaran (tennis, bola basket)
 Sepak bola
Selain itu, setelah melakukan tindakan operasi pergantian tulang lutut total, pasien untuk hari pertama dan kedua biasanya di berikan terapi pada paralel bars. Pasien kemudian berlanjut ke tongkat atau walker(dengan dua tongkat atau kruk) untuk 6 minggu pertama, dan selanjutnya pasien maju ke satu kruk atau tongkat, yang di lakukan untuk 6 minggu berikutnya. Kebanyakan pasien (70%) dapat berjalan tanpa alat bantu dala, waktu 3 bulan.

Siloam Hospitals Lippo Cikarang (SHLC) merupakan unit rumah sakit yang bernaung dibawah payung PT Siloam International Hospitals Tbk. Rumah Sakit mulai beroperasi sejak tahun 2002, dengan mengantongi standar akreditasi KARS versi tahun 2012, dan mulai melayani pasien BPJS kesehatan sejak November 2014. Layanan Unggulan SHLC yaitu Occuptional Healt dan Pelayanan Gawat Darurat, yang dilengkapi dengan Ambulans modern sebagai “Rumah Sakit Bergerak”. Dengan jumlah dokter 23, spesial 72 dan 166 perawat. SHLC melayani pasien diwilayah Cikarang dan sekitarnya. SHLC beralamat dijalan MH Thamrin Kav. 105, Cikarang Jawa Barat. (Hsdn)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *