Selain Dodol Ini Loh Keunikan Bekasi

Metrobekasikabupaten.com, BEKASI-Bekasi merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Barat. Kota ini ternyata menyimpan beragam keunikan yang kini sedang banyak menjadi perbincangan umum. Nama bekasi berasal dari kata bagasasi yang artinya sama dengan candrabaga yang tertulis di dalam Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara.

Kabarnya nama tersebut merupakan nama sungai yang melewati kota Bekasi. Kini kota ini sudah menjadi megapolitan Jabodetabek dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Bahkan, kini Bekasi berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industri.

Jika sedang berkunjung ke Bekasi, rasanya nggak afdol kalau belum membeli dodol yang menjadi jajanan khas. Perbedaan dodol Bekasi dengan dodol lainnya, terletak pada penggunaan santan. Pada proses pembuatan dodol Bekasi, santan menjadi bahan baku utama, sehingga rasanya benar-benar gurih dan memiliki tekstur yang kenyal. Pada proses pembuatannya, para pengrajin dodol juga masih menggunakan cara tradisional, yakni memakai tungku api dari kayu dan juga memakai wadah dari tanah liat. Nuansa tradisional inilah yang membuat citarasanya tetap terjaga.

Bekasi juga merupakan salah satu kota yang berada di Jalur Pantura. Bahkan saat infrastruktur jalur Pantura dibangun, Bekasi menjadi salah satu kota yang sangat beruntung. Pasalnya, terletak di pinggir jalan tol yang terkoneksi dengan jalur Pantura. Jalan tol ini kini bahkan sedang dikembangkan sampai ujung timur pulau Jawa yaitu Banyuwangi.

Keunikan Bekasi selain dodolnya adalah memiliki kota baru yang akan saingi Jakarta, bernama Meikarta. Megaproyek dari Lippo Group ini pun nggak main-main, terdapat 278 T direct investment yang menjadikan Meikarta hunian impian masa depan.

Hal ini tentu saja mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk membangun infrastruktur dan penyederhaan sistem perizinan. Tujuannya adalah agar Bekasi sanggup mengikuti pembangunan berskala nasional, baik yang tengah dilakukan pemerintah pusat maupun swasta.

Dalam situasi seperti ini, keputusan pengelola Meikarta untuk mempercepat realisasi pembangunan adalah tepat. Apalagi kebutuhan masyarakat untuk tinggal di pemukiman yang nyaman sedang meningkat pesat. Nyaman yang dimaksud adalah  bebas macet, sehat, hijau, aman, dan memiliki berbagai fasilitas termasuk institusi pendidikan berkualitas tinggi dari taman kanak kanak sampai universitas.

Itulah keunikan yang disimpan oleh Kota Bekasi. Salah satunya adalah daya tarik Meikarta yang menjadi pusat perhatian nasional. (Ryan)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *