Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto Meresmikan Pabrik Obat Injeksi PT Ethica Indusi Farmasi Di Jababeka

CMedia Group, BEKASI-Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meresmikan Pabrik Obat Injeksi PT Ethica Indusi Farmasi di Jababeka, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Kamis ( 23/11) mengatakan tidak ada perusahaan yang pindah akibat kenaikan upah tenaga kerja. Meski kenaikan upah cukup berpengaruh.namun “Saya yakini industri tanah air masih menjadi idaman para pengusaha untuk menanamkan modal,” tutur Airlangga saat memberikan sambutannya

Menurutnya, di Jawa Barat yang memiliki kawasan industri yang kuat, seperti di wilayah Bekasi, Karawang dan Purwakarta.

“Bekasi, Karawang dan Purwakarta itu merupakan region atau daerah yang ekonominya paling dinamis di Asia Tenggara, ” jelasnya

Industri di sini kontribusinya untuk Jawa Barat adalah 40 persen. Maka kami harap seluruh stakholder untuk percaya diri.

Meski demikian, Airlangga mengaku kenaikan upah minimum sempat memengaruhi dunia industri, terutama di luar industri utama. Sehingga sempat muncul wacana para pengusaha pindah lokasi.

“Kendatipun mereka pindah, tidak akan sampai ke luar negeri,” tegas Airlangga.

Sementara itu, jelas Airlangga sektor elektronik, otomotif, farmasi dan yang memang nilai tambahnya lebih tinggi tidak terlalu menjadi masalah. Namun di luar itu memang secara natural akan bergeser ke daerah lain tetapi masih di wilayah Indonesia. Di luar negeri pun kecenderungan (upah-red) lebih tinggi. Seperti di Thailand itu sudah mengundang tenaga kerja dari negara Indo-China.

Di samping itu, program pendidikan vokasi juga turut berpengaruh dan menjadi pertimbangan para investor. Tenaga kerja kini memiliki kemampuan berlebih dan ini sebagai upaya agar kita dapat berdaya saing dengan negara lain.

“Di negara-negara lain seperti Korea, Jepang dan Tiongkok, upaya ini turut dilakukan dan seperti di Indonesia yang cukup berhasil menjaga iklim investasi semakin kondusif di tengah isu kenaikan upah,”ucapnya. (CMG)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *