Efek Pembangunan Kota Meikarta Cukup Besar

CMedia Group, JAKARTA – Mantan Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan, dan Industri, Ginandjar Kartasasmita memprediksi efek dari pembangunan kota mandiri Meikarta cukup besar. Oleh karena itu, proyek besar seperti ini harus didukung dan di-back up oleh pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/ kota agar bisa berjalan lancar.

“Baik untuk sektor pajak, dan ribuan tenaga kerja akan tersedia di kawasan Meikarta. Sangat jarang perusahaan dan pengembang yang mau membangun kota mandiri seperti Meikarta ini,” ujar Ginandjar di Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Menurut Mantan ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Periode 2004-2009, Meikarta telah membuktikan dan konsisten mengembangkan proyek besar dan saat ini sangat membantu pemerintah dalam mewujudkan perumahan yang layak huni dan menjadi kawasan hunian terpadu.

Pembangunan Meikarta merupakan peran penting yang dilakukan pihak swasta membantu pemerintah mendorong perekonomian nasional. Ginandjar menilai kota baru di Cikarang ini akan memiliki prospek yang bagus karena berlokasi strategis.

“Kami yakin Meikarta akan menjadi salah satu proyek percontohan kawasan kota mandiri. Apalagi lokasinya sangat bagus di koridor Jakarta-Bandung,” ujarnya.

Lebih lanjut Ginandjar menambahkan, keberadaan Meikarta yang lokasinya strategis mampu menjadi poros perekonomian Indonesia dengan komoditi yang dihasilkan sekitar 4.000 perusahaan multinasional di sekitar proyek.

“Meikarta akan menjadi pusat pemukiman dan pertumbuhan baru. Pengembangan kota ini juga akan menghasilkan sumber pendapatan baru bagi pemerintah daerah kabupaten maupun Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” tegas Ginandjar.

Pembangunan Meikarta memang tak akan diragukan lagi akan mempersembahkan kota terpadu dan terintegrasi yang mampu menggairahkan perekonomian nasional. Lebih dari itu, Meikarta juga akan menjadi kawasan hunian yang sangat nyaman dan indah.

“Kondisi itu yang saat ini dibutuhkan masyarakat yang memberikan rasa nyaman di Pulau Jawa yang penduduknya terus bertambah,” ujar Ginandjar.

Menurut Anggota Dewan Pertimbangan Presiden R.I. Periode 2010-2014, proyek Meikarta disebut akan memberikan dampak positif untuk Jawa Barat. Proyek ini akan menciptakan lapangan kerja baru dan membuka kegiatan ekonomi dari hulu ke hilir, yang akan dinikmati masyarakat luas.

“Dengan keberadaan Meikarta, masyarakat menengah kebawah juga bisa memiliki hunian yang nyaman,” tutup Ginandjar. (*)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *